Gejala Kista Ovarium Wanita

Kista merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan adanya suatu benjolan atau kantung pada tubuh yang berisikan cairan tertentu atau pun berisikan jaringan tubuh. Kista bisa tumbuh dimana pun termasuk pada organ reproduksi wanita. Salah satu bagian organ reproduksi yang bisa ditumbuhi oleh kista adalah ovarium. Ovarium adalah organ yang fungsinya untuk menghasilkan hormon estrogen, hormon progesteron serta menghasilkan sel telur. Organ ovarium ini sudah mulai berfungsi ketika usia remaja atau sudah mulai menstruasi. Ada dua ovarium di bagian kanan dan kiri rahim.

Tumbuhnya kista pada ovarium bisa menyebabkan penurunan fungsi organ penting ovarium atau mengganggu kesuburan apabila kista sudah terlalu parah. Kista memang bisa berpotensi untuk menjadi kanker, tetapi ada juga kista jinak atau yang tidak terlalu parah dan bisa sembuh dengan sendirinya maka dari itu kenali gejala kista ovarium wanita agar bisa mendeteksi dan mengantisipasi kista ovarium sejak dini dan tidak akan menimbulkan gangguan kesuburan atau masalah pada organ reproduksi.

Ada dua jenis kista ovarium yang berbahaya dan juga yang berbahaya. Kista ovarium yang tidak berbahaya dikenal dengan nama kista fungsional. Kista ovarium ini bisa terjadi karena ada penyumbatan pada lubang yang mengeluarkan sel telur. Sumbatan menyebabkan penumpukan cairan sehingga lemak kelamaan akan menjadi kista. Sedangkan untuk jenis kista yang serius yaitu kista patologis bisa bersifat kanker karena terbentuk dari sel tidak normal pada organ reproduksi dan jenis ini lah yang perlu di khawatirkan karena bisa menjadi kista ovarium yang menyebabkan kesehatan organ reproduksi terganggu.

Setiap wanita berpotensi untuk menderita kista ovarium tetapi ada beberapa orang yang berpotensi untuk berisiko tinggi untuk menderita kista ovarium seperti halnya pada wanita yang sudah memasuki masa menopause. Wanita yang sudah menopause memang lebih berisiko untuk menderita kista dikarenakan usia yang terlalu tua akan ada penurunan hormon dan hal itu lah yang memicu pembentukan kista ovarium. Wanita yang berusia 50 sampai 60 lebih berisiko untuk menderita kista ovarium meskipun tidak menutup kemungkinan juga pada usia muda bisa mengalami kista yang sama juga jika tidak menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Risiko untuk menderita kista ovarium juga semakin besar pada wanita yang memiliki faktor genetik atau keturunan keluarga yang menderita kista ovarium juga, seperti Memiliki gen mutasi BRCA1 dan BRCA2. Wanita yang juga pernah atau sedang menderita penyakit kanker payudara lebih berisiko tinggi untuk menderita kista ovarium dibandingkan yang tidak menderita penyakit kanker.

penyakit kista ovarium

penyakit kista ovarium

Hati hati dalam penggunaan obat untuk meningkatkan kesuburan, biasanya jenis obat ini digunakan pada wanita yang ingin hamil cepat tetapi obat ini memiliki efek samping dan meningkatkan risiko untuk terjadinya kista ovarium wanita. Bisa juga kista ovarium berpotensi terjadi pada wanita yang menjalani terapi hormon setelah menopause. Wanita yang belum pernah hamil atau pun yang menjalani pola hidup yang tidak sehat pun juga lebih berisiko untuk menderita kista ovarium.

Gejala Kista Ovarium Wanita

Kista ovarium yang tidak berbahaya biasanya tidak akan muncul gejala kista ovarium wanita sehingga tidak diketahui jika ada kista pada organ reproduksi. Ada pun gejala kista ovarium wanita muncul ketika kondisi parah seperti pecahnya kista ovarium maka dari itu kenali beberapa gejala yang bisa muncul. Berikut gejala kista ovarium :

  • Gejala kista ovarium wanita Sering buang air kecil.
  • Gejala kista ovarium wanita Nyeri saat buang air besar.
  • Gejala kista ovarium wanita Merasa kelelahan dan pusing.
  • Gejala kista ovarium wanita Perut kembung.
  • Gejala kista ovarium wanita Perubahan siklus menstruasi.
  • Gejala kista ovarium wanita Mual, muntah, atau nyeri payudara seperti yang Anda alami selama kehamilan.
  • Gejala kista ovarium wanita Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit.
  • Gejala kista ovarium wanita Nyeri panggul saat melakukan hubungan seksual.
  • Gejala kista ovarium wanita Nyeri panggul sebelum menstruasi tiba atau sebelum menstruasi berakhir.
  • Gejala kista ovarium wanita Nyeri panggul yang menyebar sampai ke punggung bawah dan paha.

Apabila muncul gejala kista ovarium yang sudah disebutkan diatas maka ada baiknya melakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi yang sering dialami. Gejala kista ovarium wanita memang ada beberapa yang seperti gangguan kesehatan umum maka dari itu untuk lebih pastinya bisa melakukan pemeriksaan dan pemeriksaan yang bisa dilakukan ialah pemeriksaan fisik atau melakukan USG untuk melihat ukuran kista dan juga letak kista. Setelah itu juga ada pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar protein di dalamnya.

Pengobatan untuk penyakit kista ovarium yang tidak terlalu parah biasanya menggunakan obat hormon seperti penggunaan pil kb agar tidak ada kista baru yang muncul. Tetapi jika kista yang ada di ovarium yang ditemukan ukurannya terlalu besar maka akan ada tindakan operasi untuk mengangkat kista. Jika kista ovarium tidak diobati ada potensi untuk terjadi perubahan posisi seperti bergeser karena ukurannya terlalu besar. Bisa juga ada pendarahan parah karena kista pecah yang juga akan menimbulkan rasa nyeri di bagian perut dan sekitarnya. (By:RM)

Gejala Kista Ovarium Wanita

CARA PEMESANAN JELI GAMAT LUXOR

Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor Serta Membantu Proses Penyembuhan Bagi Penyakit Kronis Lainnyajelly-gamat-luxor

1 Botol Jeli Gamat Luxor Isi 350 ml = Rp.265.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Obat Kista Miom Jeli Gamat Luxor, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )

This entry was posted in Gejala Kista and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.